Ragam Keunggulan Jaringan 5G, Mulai dari Kesehatan hingga Pendidikan

Sinan Chen Bo, pemimpin Greater China dan kepala Asia, GSMA, menjelaskan berbagai manfaat dari jaringan 5G. Ia mengatakan acara Huawei Innovation Day ke-5 Huawei di Chengdu, Cina. Menurut Sinan, keunggulan 5G tidak hanya terletak pada kecepatannya, tetapi juga pada jaringannya yang fleksibel. Sinan juga percaya bahwa jaringan 5G merangsang pertumbuhan ekonomi di Asia dan Pasifik. Tidak kalah penting, lanjutnya, jaringan 5G juga dapat digunakan untuk perawatan kesehatan.

Dalam hal ini, Sinan memberi contoh seorang dokter yang dapat memberikan pengobatan tanpa harus melakukan kontak langsung dengan pasiennya. Sementara Sinan berlanjut di bidang peternakan, masyarakat dapat menggunakan jaringan 5G yang dipasang di sensor di tenggorokan hewan peliharaan itu.

Ini, katanya, dapat bermanfaat dalam mencegah atau menemukan ternak yang tersesat. Untuk daerah yang mengandalkan ternak sebagai mata pencaharian utama mereka, kehilangan ternak dapat memiliki efek merusak pada mereka, katanya.

Ketika di bidang pendidikan, Sinan melanjutkan, jaringan 5G juga memiliki potensi manfaat yang besar. Jaringan 5G memberi siswa di daerah terpencil akses ke konten pendidikan berkualitas tinggi. Sinan juga menekankan bahwa jaringan 5G adalah kenyataan yang tak terhindarkan.

Namun, pemain di industri teknologi harus terus berinovasi untuk mengungkapkan hal-hal berbeda yang belum diketahui orang lain, sehingga teknologi dapat membawa hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat, kata Sinan.