Mengenal Cystic Fibrosis, Penyakit Stella dan Will di Film Five Feet Apart

Pernahkah Anda melihat film remaja Five Feet Apart  Jika sudah, Anda pasti familiar dengan tokohnya yaitu Stella dan Will yang sama-sama menderita penyakit langka Cystic Fibrosis. Penyakit ini mengharuskan mereka untuk menjaga jarak hingga lima langkah dengan manusia lainnya bukan karena memiliki penyakit yang menular namun justru untuk melindungi tubuh sendiri dari penularan penyakit yang bisa terjadi. Penderita Cystic Fibrosis mudah terserang penyakit infeksi karena memiliki sistem kekebalan tubuh rendah. Penyakitnya sendiri bukanlah penyakit menular, namun membutuhkan treatment khusus untuk membantu menjaga kesehatannya.

Penasaran dengan apa sebenarnya Cystic Fibrosis sehingga Stella dan Will harus selalu menggunakan selang oksigen? Cystic Fibrosis merupakan penyakit langka dan didapatkan dari garis keturunan genetika dimana terjadi perubahan gen yang mengatur distribusi darah di dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan kadar garam di keringat penderita meningkat sehingga jauh lebih asin dibandingkan keringat normal dan membuat lendir di dalam tubuh menjadi lebih kental serta lengket. Penyakit ini diturunkan dari kedua orang tua yang sama-sama memiliki sifat pembawa gen cystic fibrosis. Namun jika hanya satu orang tua saja yang membawa gen penyakit ini maka anak bisa tidak menimbulkan gejala dan hanya sebagai carrier saja. Pembawa carrier tetap bisa menularkan gen kepada anaknya. Bayi yang lahir dari kedua orang tua pembawa gen ini bisa langsung menunjukkan gejala di hari pertama kehidupannya, namun bisa juga baru menunjukkan gejala di saat sudah dewasa.

Lengketnya lendir pada tubuh penderita Cystic Fibrosis membuat berbagai masalah di dalam tubuh khususnya pada saluran pernafasan. Lendir yang seharusnya cair menjadi kental sehingga menyumbat pernafasan baik di paru-paru maupun tenggorokan. Akibatnya, penderita Cystic Fibrosis menjadi sukar bernafas sehingga membutuhkan bantuan selang oksigen khusus kemanapun ia pergi. Kondisi ini juga menyebabkan beberapa gejala lainnya seperti:

  • Hidung tersumbat.
  • Batuk berdahak yang terus menerus.
  • Tubuh cepat merasa lelah.
  • Sesak nafas.
  • Nafas berbunyi.
  • Mudah mengalami infeksi saluran nafas.

Selain saluran pernafasan, kentalnya lendir juga bisa mengganggu saluran pencernaan. Kentalnya lendir menyumbat enzim pencernaan dari pankreas sehingga tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dengan maksimal. Kondisi ini membuat penderita mengalami beberapa masalah pencernaan seperti:

  • Diare atau sembelit yang parah.
  • Warna kulit menjadi kekuningan.
  • Tubuh kurus dan pertumbuhan anak lambat.
  • Bayi tidak buang air besar di 24 jam pertamanya setelah dilahirkan.

Gejala terakhir dimana bayi yang baru lahir tidak BAB hingga melebihi 24 jam setelah dilahirkan, menjadi pertanda yang perlu diwaspadai. Jika bayi Anda mengalami hal ini langsung konsultasikan kepada dokter anak agar dilakukan pengecekan pada kondisi tubuh secara keseluruhan apalagi jika ada keluarga yang memiliki penyakit Cystic Fibrosis.

Bagi penderita Cystic Fibrosis seperti Stella dan Will pada film Five Feet Apart akan sering mengkonsumsi obat pengencer dahak atau lendir agar tubuh mereka berfungsi dengan lebih baik. Selain itu mereka juga harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya gizi dan mudah diserap untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya. Bagi pasangan pembawa atau carrier Cystic Fibrosis seperti Stella dan Will, sebaiknya memang tidak melakukan pernikahan karena terdapat resiko anak yang dilahirkan akan memiliki penyakit yang sama. Inilah yang menjadi dilema di dalam film yang booming dan menjadi Box Office di tahun 2019 tersebut.