Lain Lain

Cara Meningkatkan Skor Kredit

Dalam meminjamkan pinjaman bank dari kreditor, tentunya yang menjadi dasar pertimbangannya adalah skor kredit. Jika skornya bagus, tentu pinjaman akan langsung disetujui. Sebaliknya, lamaran bisa ditolak. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara mengembalikan nilai kredit yang negatif? Tentunya butuh waktu lama untuk mengembalikan nilai kredit Anda ke angka yang lebih sehat.

Produk pinjaman KTA Kilat dari bank seperti misalnya KTA Mandiri, KTA BCA, Maybank atau CIMB Niaga tentunya akan mengecek OJK SLIK terlebih dahulu sebagai pertimbangan untuk menyetujui pengajuan pinjaman Anda. Tapi jangan khawatir, ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk mengembalikan skor kredit Anda. Ada beberapa cara untuk mengatur ulang skor kredit.

1. Hindari menunda pembayaran cicilan Anda

Salah satu hal yang dapat memperburuk skor kredit Anda adalah keterlambatan pembayaran kartu kredit seperti kartu kredit. Sebagai debitur tentunya kita memiliki kewajiban untuk membayar tagihan tepat waktu dan mencicil sesuai dengan tagihan yang dikeluarkan setiap bulannya. Jika kami tepat waktu untuk membayar tagihan Anda, tentunya nilai kredit Anda akan lebih baik.

Untuk bisa mengecek skor kredit Anda bisa langsung mengeceknya di iDeb SLIK OJK. Untuk melakukan ini, datanglah ke kantor OJK dan beri tahu petugas bahwa Anda ingin memeriksa skor kredit Anda. Skor 1 menunjukkan skor kredit saat ini dan pembayaran tidak pernah beredar. Skor 2 menunjukkan Dalam Perhatian Khusus (DPK) yang ingin mengalami tunggakan cicilan selama beberapa hari.

Sedangkan skor 3 sampai 5 menunjukkan bahwa Anda tertinggal jauh. Jika mendapatkan skor ini, artinya semakin sulit bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman atau pembiayaan dari perusahaan pembiayaan. Jika Anda terlambat membayar tagihan selama tiga bulan, selama 12 bulan ke depan Anda harus membayar tagihan lebih tepat waktu dan mencoba membayar kurang dari tenggat waktu.

2. Gunakan kartu kredit untuk mengembalikan skor kredit

Jika Anda memiliki kartu kredit, Anda bisa sangat bersyukur apalagi jika transaksi kartu kredit tersebut bersifat permanen. Dengan menggunakan kartu kredit dengan benar, skor kredit Anda bisa meningkat. Apalagi jika pembayaran kartu kredit Anda tidak telat atau lewat waktu. Untuk mengatasi masalah ini, bayarlah tagihan Anda sebelum batas waktu dan gunakan sesuai kebutuhan hingga skor kredit Anda bisa ditingkatkan.

Jika Anda punya cicilan, bayar tepat waktu. Membayar lebih banyak dan tepat waktu akan membuka lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan skor kredit yang lebih baik dan nama Anda akan hilang dari blacklist SLIK OJK.

3. Pastikan Anda tidak memiliki cicilan yang belum terbayar

Sekalipun Anda memiliki kemampuan untuk membayar tagihan tepat waktu, seringkali sulit bagi kami untuk mendapatkan skor kredit yang lebih baik. Hal ini bisa terjadi jika Anda memiliki cicilan yang belum terbayar, entah karena Anda lupa, sehingga muncul di luar pengetahuan kita sebagai pelanggan. Jika ini terjadi, lihat daftar tagihan yang belum dibayar penuh. Agar lebih mudah bisa cek langsung di SLIK iDeb OJK.

Dengan memeriksa SLIK iDeb OJK, Anda dapat melihat cicilan yang dicakup sejauh ini. Jika Anda menemukan cicilan yang tidak pernah diambil, seperti penyalahgunaan kartu kredit, Anda dapat melaporkannya sekaligus ke OJK agar skor kredit tersebut dapat dikembalikan.

4. Selalu bayar tagihan berjalan sampai skor kredit bagus

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu hal yang dapat meningkatkan nilai kredit Anda adalah konsistensi pembayaran tagihan Anda yang sedang berjalan. Sebaliknya, butuh waktu lama untuk mendapatkan kembali nilai kredit minimal setahun agar iDeb SLIK Anda benar-benar bersih.

Untuk menghindari kelebihan pembayaran yang bisa mengganggu penghasilan Anda, pastikan cicilan yang diambil tidak melebihi 30% dari penghasilan Anda. Hal ini penting dilakukan agar beban keuangan tidak semakin berat, dan Anda juga dapat mengalokasikan dana yang Anda miliki untuk keperluan yang lebih produktif, seperti membuka usaha baru untuk investasi.

5. Bayar tepat waktu dan prioritaskan kebutuhan

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa mendapatkan skor kredit yang lebih baik. Selalu belajar dari kesalahan agar keuangan tidak terganggu. Bayar tagihan Anda tepat waktu dan hindari membeli barang konsumsi, sehingga menjadi beban finansial. Gunakan dana pinjaman bank dengan bijak agar tidak menyesal di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *