Gaya Hidup

Arti Dari Motif Batik Solo Terpopuler

Berbagai keunikan dan keberagaman jenis batik dan motif dari batik solo tak lepas dari kegunaan dan makna yang terkandung dalam nama – namanya. Supaya kita memahami apa makna dari motif batik solo, mari baca ulasan di bawah ini.

  1. Motif Satrio Manah

Batik solo motif satrio manah ini seringkali digunakan oleh wali dari pengantin pria pada saatt sedang prosesi lamaran / meminang pengantin wanita. Makna dari motif batik ini  adalah supaya lamaran dari mempelai dapat diterima oleh pihak calon pengantin wanita beserta keluarga. Satrio Manah akan digunakan oleh calon mempelai pria ketika prosesi acara lamaran. Maknanya cukup jelas, yaitu supaya nantinya lamaran calon pengantin pria dapat diterima pihak keluarga calon pengantin wanita.

  1. Motif Semen Rante

Perlu anda ketahui, motif Semen Rante juga sering kali dikenakan saat prosesi lamaran. Akan tetapi, motif dari Semen rante ini dikenakan oleh wali dan calon mempelai wanita. Kata rante memiliki arti katan yang kokoh. Ketika saat proses lamaran jika wali pengantin pria memakai batik solo motif Satrio Manah maka untuk pihak dari pengantin wanita memakai batik solo motif Semen Rante. Rante memiliki maknai rante itu sendiri lebih menyiratkan kepada sebuah ikatan atau pertalian yang kokoh, menjadi sebuah harapan baru bagi yang mengenakannya adalah jika lamaran dari mempelai pria diterima, maka dari pihak calon mempelai wanita mengharapkan sebuah pertalian yang begitu kokoh dan kuat terhadap segala godaan hingga maut yang memisahkannya.

  1. Pamiluto

Motif pamiluto ini biasanya dipakai oleh ibu dari mempelai wanita saat prosesi lamaran. Maknanya adalah suatu pengharapan agar hubungan sang anak dengan calon suaminya seperti kisah Mimi lan Mintuno (langgeng sampai kakek –  kakek dan nenek – nenek). Batik solo motif pamiluto ini kerapkali dipakai oleh ibu dari pihak mempelai wanita pada saat acara tukar cincin. Motif batik ini memberikan arti supaya ikatan tali pernikahan tidak dapat dipisahkan seperti halnya mimin lan mintuno. Pamiluto ini berasal dari kata pulut.

  1. Ceplok Kasatriyan

Ceplok Kasatriyan kerapkali dipakai oleh mempelai wanita pada prosesi kirab pengantin, yaitu sebelum mempelai duduk bersama di atas kursi pengantin.

Beli Baju Batik dan kain batik berkualitas dengan harga terjangkau di https://batik-s128.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *